Jumat, 24 April 2020

Validasi Penerima BLT Dana Desa, Kalurahan Wijimulyo Gelar Musyawarah Khusus


Pemerintah Kalurahan Wijimulyo dan Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPK) Kepanewon  Nanggulan  Kabupaten Kulon Progo menggelar Musyawarah Kalurahan Khusus (Muskal Khusus)  validasi, finalisasi dan penatapan kartu keluarga (KK)  calon penerima Bantuan Langsung Tunai(BLT) yang bersumber dari Dana Desa di Kalurahan Wijimulyo, bertempat di Balai Kalurahan Wijimulyo. Rabu (22/04/2020).
 
Penggunaan Dana Desa untuk BLT mengacu pada Permendes Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 PDTT lengkap dengan juknis pendataan keluarga calon penerima BLT Dana Desa nomor: 9/PRI.00/IV/2020 tanggal 16 April 2020. Besaran BLT Dana Desa adalah Rp 600.000 per Kepela Keluarga selama 3 bulan terhitung sejak April 2020.

Turut menghadiri  PJ Lurah Wijimulyo, BPK, Perangkat Kalurahan, Relawan Covid-19 Kalurahan,  Pendamping Desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama. Lurah Wijimulyo Drs Harijana, saat di konfirmasi mengatakan, Pemerintah melokasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk membantu Meringankan beban Warga Desa prasejahtera yang terdapak Covid -19 Dana tersebut akan disalurkan melalui Bank BPD.

Validasi dan Verifikasi data usulan penerima manfaat yang masuk dalam database Dinas Sosial Kab. Kulon Progo untuk Kalurahan Wijimulyo sebanyak 34 orang. Sesuai kemampuan desa dan alokasi maskimal Dana Desa untuk BLT diperbolehkan menambah jumlah penerima manfaat BLT Dana Desa dengan syarat merupakan penduduk miskin, belum menerima bantuan dari sumber dana lain (PKH, BPNT, KP, dll), dan belum pernah diusulkan sebelumnya.

Hasil dari Muskalsus untuk Kalurahan Wijimulyo, berdasar data Non DTKS  terdapat pengurangan data penerima BLT Dana Desa dan usulan baru penerima BLT Dana Desa berjumlah 3 orang yang kemudian data usulan baru tersebut di verifikasi oleh KPKD. Penerima manfaat BLT Dana Desa termuat dalam Peraturan Lurah yang kemudian disahkan Panewu atas nama Bupati. (AZM)

0 komentar:

Posting Komentar