Rabu, 06 Mei 2020

Kalurahan Sendangsari Pengasih Anggarkan 400 Juta Untuk Penangganan Covid-19





Kalurahan Sendangsari merupakan salah satu kalurahan di Kapenewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo yang menganggarkan kegiatan pencegahan dan penanganan wabah Covid 19 cukup besar. Dalam APB Kalurahan perubahan kegiatan penanganan Covid-19 telah dianggarkan 400 juta. Anggaran tersebut  diantaranya digunakan untuk jaring pengaman sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang sebesar Rp.225.000.000 dan sisanya digunakan untuk kegiatan penanganan dan pencegahan Covid-19. Adapun salahsatu kegiatan penanganan covid-19 yaitu penyiapan sarana dan prasarana tempat isolasi bagi pemudik yang belum bisa diterima di kampungnya. Kalurahan Sendangsari telah menyiapkan 2 tempat isolasi yakni di gedung Darmais dan Kedung bekas sekolahan yang ada di komplek Balai Kalurahan Sendangsari.

Kalurahan Sendangsari rencananya akan mencairkan dana BLT DD sebanyak 125 keluarga Penerima Manfaat (KPM) di minggu ini. Jumlah tersebut merupakan hasil kesepakatan pada saat Musyawarah kalurahan Khusus BLT DD. Sesuai peraturan, setiap KPM akan menerima uang BLT sebesar Rp. 600.000,- selama 3 bulan yakni bulan April, Mei dan Juni. Untuk pencairan BLT tahap 1 Kalurahan masih menggunakan DD tahap 1 yang masih tersisa, sedangkan untuk pencairan BLT tahap 2 dan 3 akan menggunakan DD tahap 2.

Carik Sendangsari, Sigit Rahmanto mengharapkan BLT ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan tidak menimbulkan masalah di masyarakat. Dia juga menyampaikan bahwa anggaran untuk BLT tersebut berasal dari pengurangan anggaran di beberapa kegiatan yang ada di APBKal 2020. Salah satu kegiatan yang dikurangi adalah kegiatan cor rabat beton dan insentif Pendidik PAUD. 

Pada kesempatan yang sama, Carik Sendangsari juga menyampaikan bahwa sampai awal Mei ini, Dana Desa tahap 1 sudah terserap 80% sehingga di akhir bulan April kemarin Kalurahan Sendangsari sudah mengajukan penyaluran Dana desa tahap 2 sebesar 40% dari Pagu DD nya. (Suryanto/TA-PP)

0 komentar:

Posting Komentar