Senin, 04 Mei 2020

37 Keluarga di Kalurahan Kembang Nanggulan Terima BLT Dana Desa



Kalurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo pada hari ini Senin (4-5-2020) telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 37 KK miskin yang terdampak pademi Covid-19. Penyerahan tersebut secara simbolis di berikan oleh Lurah Kembang Bapak Winarno kepada warga penerima BLT. Dalam acara penyerahan BLT ini hadir dari pihak Bank BPD DIY dalam rangka kelengkapan data dan teknis penyaluran BLT

Pada Kesempatan itu, Carik Kalurahan Kembang Bpk Hidayat berharap semoga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tersebut dapat membantu meringankan beban hidup masyarakat miskin terdampak covid-19 dan betul-betul dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga. Selain itu harapannya tidak ada masalah di kemudian hari. Hal tersebut di sampaikan Carik Kalurahan Kembang Bpk Hidayat seusai penyerahan BLT DD tahap pertama di Aula Kalurahan Kembang.

Pencairan BLT Dana Desa  tahap pertama diberikan kepada 37 KK dengan nominal per keluarga sebesar Rp. 600.000,- yang rencananya akan di berikan selama 3 bulan. Untuk kebutuhan BLT Dana Desa ini, Kalurahan Kembang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 66.600.000,-. Selain itu Kalurahan Kembang juga mengalokasikan anggaran untuk penangganan pandemi Covid-19 sebesar Rp. 44.177.600,-. Anggaran tersebut digunakan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 wilayah kalurahan Kembang. Adapun kegiatan penanganan covid-19 tersebut diantaranya pengadaan masker, penyemprotan disinfektan, penyedian cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan penyediaan rumah isolasi bagi warga perantau yang melakukan mudik/pulang kampong dan mendapatkan penolakan dari warga. Selain itu juga masih terdapat kegiatan pencegahan dan penanganan covid-19 lainnya.
Pada saat yang sama, juga terdapat tiga Kalurahan lainnya di Kapanewon Nanggulan yang juga melakukan penyaluran BLT DD kepada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19. Adapun ketiga Kalurahan tersebut adalah Kalurahan Jatisarono dengan jumlah 104 KK, Kalurahan Donomulyo dengan jumlah 42 KK dan Kalurahan Wijimulyo dengan 38 KK. Dengan demikian di Kapanewon Nanggulan sampai hari ini (4/5/20) terdapat 4 kalurahan yang sudah penyaluran BLT Dana Desa, dan tersisa 2 Kalurahan yang belum melakukan penyaluran yaitu Kalurahan Tanjungharjo dan Banyuroto. (Suryanto/TA-PP)

0 komentar:

Posting Komentar