Jumat, 08 Mei 2020

7 Kalurahan di Kapanewon Wates Cairkan BLT Dana Desa






Kulon Progo,- Tujuh Kalurahan di Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo Hari ini Jumat (8/5/20) telah selesai lakukan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap I. Tujuh Kalurahan tersebut yaitu Kalurahan Karangwuni, Bendungan, Sogan, Triharjo, Kulwaru, Ngestiharjo, dan Giripeni. Pencairan BLT ini diawali dari Kalurahan Karangwuni yang melakukan pencairan sehari sebelumnya, kemudian dilanjutkan 6 kalurahan di hari Jumat (8/5/20).

Total jumlah  keluarga yang menerima BLT Dana Desa di 7 Kalurahan di Kapanewon Wates sebanyak  287 KK. Jumlah penerima BLT Dana Desa terbanyak ada di Kalurahan Ngestiharjo sebanyak 72 KK. Sedangkan yang paling sedikit di Kalurahan Kulwaru yaitu sebanyak 8 KK.

Adapun rincian penerima BLT Dana Desa dari Kalurahan Karangwuni sebanyak 60 KK, Kalurahan Triharjo sebanyak 27 KK, Kalurahan Sogan sebanyak 33 KK, Kalurahan Bendungan  sebanyak 51 KK, Kalurahan Giripeni sebanyak 40 KKSetiap KK menerima BLT sebesar Rp 600.000,- yang diberikan selama 3 bulan dimulai dari bulan April sampai Juni.

Sehingga total dana desa yang sudah salur untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 1 di Kapanewon Wates sebesar Rp.172.200.000,- 

Salah  satu Pj. lurah di Kapanewon Wates, R. Sukirno dalam sambutannya menyampaikan bahwa percepatan pencairan BLT Dana Desa ini diharapkan mampu membantu meringankan beban hidup masyarakat kurang mampu yang terdampak adanya wabah virus corona atau covid-19. Lebih lanjut beliau menyampaikan penerima BLT Dana Desa ini sudah melalui berbagai tahapan salah satunya pembahasan di Musyawarah Kalurahan Khusus. Namun demikian ternyata informasi terakhir dari data awal yang ditetapkan di Musyawarah khusus terdapat 4 KK yang juga akan mendapatkan Bantuan Sosial dari Kemensos. Sehingga ke-empat KK tersebut di coret dari daftar penerima BLT yang bersumber dari Dana Desa.

Secara terpisah kasus ini juga terjadi di Kalurahan Bendungan. Adapun penerima BLT Dana Desa di Kalurahan Bendungan ini terkoreksi 2 KK dikarenakan yang bersangkutan juga akan menerima Bantuan Sosial dari Kemensos RI.

Di akhir penyaluran BLT Dana Desa tahap 1 di Kalurahan Giripeni, Sumiyati, S.IP. selaku Kepala Jawatan Projo Kapanewon Wates menyampaikan bahwa per hari jumat (8/5/20) seluruh Kalurahan di Kapanewon Wates sudah selesai salur BLT Dana Desa tahap  1. Lebih  lanjut beliau berharap setelah ini  seluruh Kalurahan di Kapanewon Wates dapat menyiapkan tahapan berikutnya untuk melakukan pencairan Dana Desa  Tahap 2. (ANK)

0 komentar:

Posting Komentar