Kamis, 23 Juli 2020

Kapanewon Nanggulan Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi eHDW dan eDMC


Rapat Koordinasi Pembekalan Aplikasi eDMC dan eHDW di Kapanewon Nanggulan  dilakukan oleh Desa dalam upaya pencegahan Stunting hingga akhir tahun 2019 sudah berjalan, misalnya dengan pembentukan Kader Pembangunan Manusia (KPM), pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS) ataupun kegiatan Rembug Stunting.

 

Ada beberapa hal permasalahan, Ada beberapa Desa yang tidak memiliki data by name by address tentang sasaran pencegahan stunting yaitu rumah tangga 1.000 hari pertama kehidupan (HPK). Dan salah satu akibatnya, kualitas perencanaan kegiatan pencegahan stunting di Kalurahan belum optimal.

 

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam upaya mendorong Dana Desa dapat membiayai kegiatan konvergensi pencegahan stunting dan sebagai upaya untuk mengatasi masalah-masalah mendasar dalam pelaksanaan Konvergensi Pencegahan Stunting di Kalurahan membuat aplikasi sistem digital yang mempermudah pengelolaan data dan informasi sampai pada tingkatan sasaran rumah tangga 1.000 HPK (data by name by address) yaitu melalui aplikasi eHDW (Human Development Worker).

 

Sedangkan dalam membantu tim relawan kalurahan dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitasnya, serta memberikan edukasi dan informasi secara real time tentang Covid-19 kepada Pemerintah Daerah, Provinsi, dan Pusat dalam menentukan Kebijakan dan Pencegahan penyebaran Covid-19 , Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia meluncurkan aplikasi Desa Melawan Covid 19 (eDMC-19). Dari setiap kalurahan menunjuk satu orang operator eDMC dan 2(dua) orang Kader Pembangunan Manusia (KPM) sebagai operator eHDW.

 

Pembekalan/ rapat koordinasi di Kapanewon Nanggulan dilaksanakan pada Hari Selasa Tanggal 21 Juli 2020 bertempat di Pendopo Kapanewon Nanggulan. Rapat ini berdasarkan atas surat Undangan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Nomor 140/1841 tertanggal 13 Juli 2020 yang ditujukan kepada Panewu masing-masing Kapanewon dan diteruskan ke tiap Kalurahan tentang Undangan Rapat Koordinasi Relawan Kalurahan Melawan Covid-19.

 

Acara ini dipandu oleh Kepala Jawatan Praja Kapanewon Nanggulan (Bapak Kirmadi, S,IP)., Dalam sambutanya, Panewu Nanggulan Drs. Duana Heru Supriyanta, MM. memberikan sambutan dan juga memberikan motivasi kepada peserta agar tetap bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Setelah pembukaan dan sambutan dibagi menjadi dua kelas sesuai dengan aplikasi masing-masing. Narasumber untuk aplikasi eHDW ini adalah Pendamping Desa Pemberdayaan Kapanewon Nanggulan (Adi Prasetyani) dibantu oleh Bapak Aris Nurcholis (TA PSD P3MD Kabupaten Kulon Progo) sedangkan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (Rachmat Sujati) sebagai narasumber untuk aplikasi eDMC.


Berita ini sebelumnya telah dimuat di website: Kapanewon Nanggulan

0 komentar:

Posting Komentar