Kamis, 22 Oktober 2020

KALURAHAN SINDUTAN GELAR KELAS IBU HAMIL SEBAGAI KOMITMEN KONVERGENSI PENCEGAHAN STUNTING

 

konvergensi stunting

         P3MD Kulon Progo; Dalam rangka `penguatan konvergensi stunting, Kalurahan Sindutan Kapanewon Temon menyelenggarakan kegiatan Kelas Ibu Hamil. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2020 bertempat di Balai Desa Kalurahan Sindutan. Acara kelas ibu hamil ini dipandu oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kalurahan Sindutan. Kegiatan kelas ibu hamil kali ini mengambil tema "Ibu Hamil Bahagia Ibu Hamil Sehat". Kegiatan ini dilaksanakan terkait komitmen kalurahan terhadap konvergensi penanganan stunting. Kelas ibu hamil ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan katerampilan tentang kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir. Dengan adanya kelas ibu hamil ini diharapkan pengetahuan dan kesadaran terkait pentingnya 1000 HPK dapat tertanam khususnya pada ibu hamil. 

          Pelaksanaan Kelas Bumil dibagi dalam dua sesi yaitu, sesi pertama berupa pemaparan materi dan sesi kedua adalah praktek senam untuk ibu hamil. Sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah Ibu Ari Margiati dan Ibu Emi dari Puskesmas Temon II. Materi pertama yang disampaikan oleh Ibu Ari Margiati berupa pengetahuan terkait masa kehamilan, persiapan persalinan, tanda tanda bahaya persalinan, inisiasi menyusui dini (IMD), dan perawatan terhadap ibu nifas.

          Materi kedua yang disampikan oleh ibu Emi terkait kesehatan jiwa dari ibu hamil. Dalam materi ini ditekankan pentingnya dukungan dari keluarga terutama suami untuk mendukung kesehatan jiwa ibu hamil. Dukungan diberikan agar psikis ibu hamil terjaga dan terhindar dari stress. Stress pada ibu hamil dapat berpengaruh pada kesehatan ibu hamil maupun pada janin yang ada dalam kandungan.

        Sesi terakhir dari kelas ibu hamil ini adalah praktek senam untuk ibu hamil, hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga kebugaran fisik ibu hamil selama kehamilan dan sebagai persiapan persalinan. Pada sesi ini dijelaskan dan kemudian dipraktekkan mengenai teknik pernafasan yang bisa diterapkan saat proses persalinan. Intinya ada empat macam teknik pernafasan yaitu, pernafasan dada, perut, enjay dan canting. Ibu hamil juga dibekali gerakan-gerakan ringan yang dapat dipraktekkan sehari-hari agar tetap bugar. 

Kontributor: Eny Nurhayati : PLD Kap. Temon

1 komentar:

  1. terima kasih mbak eny nurhayati, kegiatan Kelas Ibu Hamil pasti banyak manfaatnya bisa menjadi ajang sharing pengetahuan, pengalaman dll bagi para ibu hamil

    BalasHapus