Selasa, 20 Oktober 2020

BUM DESA BINANGUN PAGERHARJO TERIMA BANTUAN JARINGAN INTERNET DARI KEMENTERIAN KOMINFO RI

 

KOMINFO

P3MD Kulon Progo; Bertempat di Gedung Serbaguna Kalurahan Pagerharjo pada Jumat, 16 Oktober 2020 BUM Desa Binangun Pagerharjo menerima bantuan jaringan internet dari Kemeterian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Bantuan jaringan internet tersebut diserahkan oleh Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Infomatika (BAKTI), Anang Latif dan diterima oleh Pj Lurah Pagerharjo Jumaryadi dan Direktur BUM Desa Binangun Pagerharjo Sri Hardani.

Penyerahan bantuan tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Republik Indonesia Bapak Jhony G Plate, Staf Ahli Menkominfo Hedry Subiyakto, dan Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutejo. Bantuan yang sama juga diberikan kepada SD Pangudi Luhur 3 Boro Kalurahan Banjarasri Kapanewon Kalibawang dan Pondok Pesantren Al Falakh Kalurahan Ngargosari Kapanewon Samigaluh. Acara penyerahan bantuan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Menkominfo ke D.I. Yogyakarta.

Sebelumnya, Bupati Kulon Progo Drs. Sutejo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan dari Kementerian Kominfo. Selanjutnya Sutejo menyampaikan bahwa saat ini di Kabupaten Kulon Progo khususnya di kawasan perbukitan Menoreh banyak destinasi wisata baru yang dibentuk, dikembangkan dan dipasarkan oleh masyarakat melalui Pokdarwis. Dengan topografi kawasan perbukitan beberapa destinasi wisata yang dikembangkan berada pada lokasi yang blank spot. Sehingga Bupati berharap agar Kemenkominfo pada tahun-tahun yang akan datang dapat memberikan bantuan serupa kepada Pokdarwispokdarwis yang ada, sehingga  destinasi wisata yang dikembangkan oleh masyarakat lebih mudah dalam memasarkannya.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika melakukan uji jejaring internet dengan menyapa santri-santri Pondok Pesantern Al Falakh Ngalian Kalurahan Ngargosari. Pak Menteri berpesan agar para santri untuk terus belajar dan memanfaatkan bantuan jaringan intenet sebaik-baiknya

Selesai upacara penyerahan bantuan Menkominfo dan rombongan berkenan meninjau produk-produk unggulan dari Kalurahan Pagerharjo. Produk-produk yang dipajang antara lain wedang rempah Lengger, kopi mBajing, teh Nglinggo dan bermacam-macam makanan berbahan dasar lokal. Pada kesempatan tersebut Menteri berpesan agar produk-produk tersebut dipasarkan memalui jejaring internet agar bisa masuk ke pasaran internasional. Pesan pak Menteri agar BUM Desa jangan segan-segan minta bantuan teman-teman Kemenkominfo untuk membantu proses pemasaran yang modern.

MENTERI KOMINFO

Kepada wartawan Jhony G Plate menyampaikan pentingnya transformasi digital. Dengan transformasi digital diharapkan ekonomi daerah atau usaha-usaha produktif dan hasil-hasil karya produktif di wilayah, di daerah-daerah, di desa-desa bisa masuk ke market place melalui platform-platform digital, dengan demikian akan mendorong ekonomi UMKM, usaha mikro, ultra mikro, koperasi dan BUMDES di seluruh Indonesai. Kita tahu bersama bahwasanya UMKM dan Koperasi itu soko guru ekonomi, bukan saja teori, tapi penyumbang lebih 60% dari PDB Nasional kita” jelasnya.

Kemudian  Menteri yang juga menjabat Sekretaris Jendral Partai Nasdem tersebut menambahkan bahwa memperkuat UMKM berarti kita akan memperkuat 60% dari kontribusi PDB Nasional kita dan akan menjadi pondasi yang sangat kuat. Karena dalam keadaan krisis sekarangpun, akibat pandemi Covid 19 sektor UMKM dan Koperasi ternyata cukup kuat dan secara bertahap dan cepat bermigrasi menjadi UMKM digital. Saat ini sudah 14% dari UMKM sudah bermigrasi menjadi UMKM digital. Dari 64 juta UMKM sembilan jutanya sudah menjadi UMKM digital. Dan menurutnya  ternyata UMKM juga penyumbang tenaga kerja cukup besar jumlahnya. “Ratusan juta tenaga kerja diserap oleh UMKM imbuh Jhony G Plate. 


Kontributor: Bima Aji Karunia Putra, S.T (PDTI Kapanewon Samigaluh)

1 komentar:

  1. alhamdulillah semoga fasilitas internet bisa mendongkrak omzet BUM Desa Pagerharjo dan para pelaku UMKM sekitar

    BalasHapus