Selasa, 01 Desember 2020

Pembangunan Gedung PAUD Flamboyan Kalurahan Garongan Panjatan

 

Paud Flamboyan

P3MD Kulon Progo; Pada tahun 2020 ini dalam rangka mendukung dan pengembangan pendidikan, Kalurahan Garongan Kapanewon Panjatan  melakukan pembangunan gedung Paud Flamboyan. Paud Flamboyan yang dibangun terletak di Pembangunan Gedung PAUD Flamboyan yang terletak di Pedukuhan IX Kalurahan Garongan Kapanewon Panjatan Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun dimensi ukuran  gedung Paud yang dibangun seluas 9 meter x 6 meter.  Pembangunan gedung Paud tersebut menggunakan dana yang bersumber dari dana Desa (DD) tahun anggaran 2020. Besaran dana yang dikeluarkan untuk pembangunan gedung Paud Flamboyan tersebut sebesar Rp. 188.888.000.

Pelaksanaan pembangunan gedung Paud Flamboyan ini dimulai bulan April 2020 dan selesai pengerjaannya pada bulan April 2020. Sehingga saat ini gedung Paud Flamboyan sudah selesai dikerjakan dengan progress 100 persen. Berdasarkan desan dan RAB yang telah tertuang APB Kalurahan Garongan bahwa pembangunan Paud Flamboyan ini dianggarkan sebesar Rp. 188.888.000. Setelah pelaksanaan pembangunan gedung Paud selesai dikerjakan, realisasi anggaran yang digunakan sebesar Rp. 187.161.730. realisasi anggaran tersebut alokasi yang digunakan upah/HOK sebesar Rp. 40.150.000. Upah tersebut diberikan kepada pekerja, tukang, dan mandor.

Sebelumnya Kalurahan Garongan sudah merencanakan kegiatan pembangunan gedung Paud Flamboyan ini pada APB Kalurahan 2019, namun harus tertunda dikarenakan berbagai hal dan muncul kembali sebagai prioritas dalam APB Kalurahan 2020. Pada APB Kalurahan tahun 2020 ini ada sekitar 5 jenis kegiatan pembangunan sarana prasarana yang terealisasi pelaksanaannya, selain gedung ini ada pembangunan jalan dusun seperti Rabat beton, Telford, dan tentunya kegiatan Padat Karya Tunai yang menjadi Prioritas Penggunaan Dana Desa. Kelima kegiatan pembangunan tersebut sudah terlaksana semua dan sudah masuk di laporan SIKUDESKU yang di laporkan Kalurahan maupun di Laporan aplikasi SIPEDE dari Kemdesa PDTT.

Pada tahun 2020 ini penggunaan Dana Desa mengalami perubahan prioritas sebagaimana amanat dari Pemerintah Pusat dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19. Dalam rangka menjalankan amanat dari Pemerintah Pusat terkait penggunaan Dana Desa untuk penanganan dampak Covid-19, Pemerintah Kalurahan Garongan melakukan refocusing kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dalam APB Kalurahan tahun 2020. Terdapat beberapa kegiatan yang harus dipending. Diantara kegiatan yang dipending yaitu RTLH dan pembangunan Jamban untuk keluarga miskin. Refokusing kegiatan dan anggaran ini dialokasikan untuk jaring pengaman social berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi keluarga kurang mampu yang terdampak pandemic Covid-19. Refocusing anggaran dan penggunaan anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini dibahas dan disetujui melalui mekanisme Musyawarah Kalurahan Khusus.

Pembangunan Gedung PAUD Flamboyan ini terdiri dari beberapa ruangan yaitu Ruang Kelas, Ruang Guru dan Dapur. Selain itu gedung Paud Flamboyan ini juga dilengkapi dengan Kamar Mandi dan Teras yang digunakan untuk tempat bermain anak-anak. Pembangunan gedung Paud Flamboyan ini dilaksanakan sesuai dengan yang telah direncanakan dalam RAB dan Desain Gambar Pembangunan gedung Paud. Dengan adanya gedung PAUD ini tentunya menggambarkan kepedulian Kalurahan terhadap pendidikan anak- anak usia dini yang ada di Kalurahan Garongan. Sehingga diharapkan dengan adanya gedung Paud barru ini proses pembelajaran pada jenjang anak usia dini dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan karena sebelumnya kegiatan pembelajaran PAUD hanya numpang di tempat salah satu warga. Untuk tenaga pendidik atau guru pun sudah disediakan ruangan tersendiri untuk menunjang pengadministrasian PAUD tersebut.

 

Penulis: Muhammad Alfian Ardi N. (PDTI Kapanewon Panjatan)

 

0 komentar:

Posting Komentar