Selasa, 01 Desember 2020

Taman Sorga Kalurahan Sidorejo, Sarana Warga Berkreasi dan Berliterasi

 

Taman Sorga

P3MD Kulon Progo; Kalurahan Sidorejo Kapanewon Lendah Kabupaten Kulon Progo terus melakukan Inovasi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Pembangunan yang dilakukan tidak hanya mampu membangun satu sarana saja, namun Kalurahan Sidorejo juga berupaya melakukan inovasi dengan melakukan pembangunan sarana yang terintegrasi dengan fungsi lainnya.

Pembangunan Taman Sorga Siodorejo merupakan Inovasi diambil atau terinspirasi dari Bursa Inovasi Desa (BID) Tahun 2018 di Kabupaten Kulon Progo.  Saat itu Lurah Sidorejo membuat komitmen untuk membangun taman dan sarana olahraga berupa lapangan volley, jogging track, lapangan jemparingan, taman bermain, dll yang terpusat di satu lokasi yaitu di sebelah utara lapangan sepak bola. Uniknya, sarana olah raga tersebut akan diintegrasikan dengan beberapa pembangunan sarana lainnya, seperti gedung seni budaya, gedung karawitan, BUMDes, taman bemain dan kuliner.

Pembangunan tahap awal dimulai pada tahun 2019 dengan memperluas lahan dan membangun lapangan jemparingan, kemudian lapangan volley dan drainase. Selanjutnya pada tahun 2020 pembangunan dilanjutkan dengan pembuatan jogging track, gazebo, pendopo/joglo/limasan, dan sarana MCK. Pembangunan semua sarana dan prasarana tersebut dibiayai melalui APB Kalurahan yang bersumber dari dana desa.

Dengan adanya taman dan sarana olah raga tersebut sangat memberikan dampak positif bagi warga masyarakat Kalurahan Sidorejo. Masyarakat memiliki alternative sarana olahraga (sepakbola, bola volley, jogging track) yang terintegrasi dengan gedung seni budaya (pendopo/joglo/limasan), karawitan, jemparingan, dan taman bermain. Selain itu masyarakat luar Sidorejo juga dapat berkunjung dan menikmati Taman Sorga di Kalurahan Sidorejo. 

Adanya Kawasan Taman Sorga yang memiliki fasilitas yang terintegrasi ini, tempat ini juga dilengkapi dengan pusat kuliner, sehingga adanya wahana baru ini warga masyarakat sekitar memiliki pendapatan tambahan dengan adanya warung-warung yang dijajakan. Pendapatan masyarakat yang berjualan di kawasan Taman Sorga Kalurahan Sidorejo pun meningkat dengan dibukanya warung-warung di kawasan Taman Sorga Kalurahan Sidorejo.

Akhirnya Kawasan Taman Sorga ini menjadi kawasan yang dicita-citakan oleh Pemerintah Kalurahan Sidorejo. Kedepan setelah semua pembangunan sarana dan prasarana telah selesai semua pengelolaan Kawasan Taman Sorga Kalurahan Sidorejo akan diserahkan sepenuhnya ke BUMDesa Dadi Maju Sidorejo sebagai Unit usaha baru.

 

Penulis: Ikhsan Waseso (PLD Kapanewon Lendah)

 

0 komentar:

Posting Komentar