Kamis, 27 Februari 2020

Kalurahan Banjarharjo Adakan Pelatihan Profil Desa/Kalurahan




Dikarenakan sangat pentingnya informasi mengenai Kalurahan, maka di Kalurahan Banjarharjo Kapanewon Kalibawang Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan Pelatihan input Profil Desa. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari tanggal 19 dan 20 Februari 2020 di Aula Balai Kalurahan Banjarharjo. Adapun yang bertindak sebagai narasumber adalah  dari Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Yaitu Bapak Susilo Ari Wibowo,SE, MM, Ibu Dewi Ariani SIP, MSi dan Bapak Aswin Martha Diantoro, SE, ME.  Peserta  dalam pelatihan ini adalah seluruh Kepala Padukuhan di wilayah Kalurahan  Banjarharjo.
Profil Desa ini bersumber dari Kemendagri dan sudah ada sejak 2008. Namun pada realitasnya sampai sekarang tahun 2020 data kependukukan yang terinput dalam profil desa/kalurahan belum terinput  100 persen dan masih perlu diperbaiki agar informasi yang ada di Profil Desa terupdate, oleh karena itu sangat diperlukan Peningkatan Kapasitas bagi  petugas input Profil Desa agar pemerintah Kalurahan memiliki data-data  yang lengkap dan  up to date. Dalam pelatihan ini hari kesatu dilakukan pelatihan input data secara manual dan hari kedua pelatihan input Profil Desa secara online. Input data manual tugasnya mewawancara langsung kepada warga yang dilakukan oleh Dukuh kepada setiap warganya berdasar data dari Kartu Keluarga, Akte, dll yang diperlukan. Sedangkan Input online  didasarkan data yang diinput petugas input manual.

Kegiatan Pelatihan tersebut juga didampingi oleh Pendamping Desa Pemberdayaan Santi Pendamping Desa Tehnik infrastruktur Fitria dan Pendamping Lokal Desa Mulyadi sebagai wujud fasilitasi serta pendampingan kepada Kalurahan di bidang Pembinaan masyarakat. Pelatihan ini dibiayai oleh APBDES Kalurahan Banjarharjo yaitu sumber dana SDD (Silpa Dana Desa) tahun 2019 yang di himbau untuk segera di laksanakan untuk kegiatan sebelum 30 Juni 2020, agar penggunaan SDD bisa maksimal. (By.Santi PDP Kalibawang)

0 komentar:

Posting Komentar